Selasa, 05 November 2013

Kenangan.




Setiap orang memiliki kenangan-kenangan. Kita hidup untuk membuat kenangan, dan tidak satupun disetiap detail kehidupan ini tidak menjadi sebuah kenangan, sebab seseorang dikenal lewat kenangan, yaitu sebuah sejarah darimana dia bermula dan berakhir. Kenangan menjadi titik awal penanda kehidupan, ada sejarah, ada bukti tertulis dan tersirat, yang akan memadai seseorang atau sesuatu sebagai bagian dari kehidupan.
Kenangan membuat seseorang bisa mengerti arti kehidupan. Orang belajar dan berkembang karna sebuah kenangan-kenangan. Karena itulah, kenangan bisa menjadi tolak ukur sebuah keberhasilan, meski sukses terkadang relatif dalan setiap persepsi.  Namun proses dari pembelajaran hidup itulah yang membuat kenangan akan semakin berarti. Apa yang terjadi hari ini bermula dari sebuah kenangan, meski sulit dan pahit, tetap saja menjadi  indah bila di kenang.
Kenangan mampu menghadirkan sebuah senyuman dan tawa. Mungkin kita pernah mengalami masa sulit dan pahit, akan tetapi ketika peristiwa itu sudah lama berlangsung lalu kita mengingatnya kembali, ternyata membuat kita tersenyum dan tertawa, sembari bergumam dalam hati “Yaampun, betapa lugunya akuu.. betapa bodohnya aku.." dan sebagainya.

Kenangan bisa meikis rasa gundah gulana, kenangan mampu membangkitkan semangat juang, namun kadang kenangan bisa menjerumuska. Kita memang tidak mampu merangkai sebuah cerita kehidupan seindah warna pelangi, kita-pun tak mampu menciptakan lukisan takdir bagai kertas putih seperti yang kita mau. Semuanya berjalan apa adanya, tidak bisa dipaksakan apalagi direkayasa. Kiata bukan penulis skenario pemilik kehidupan, kita hanyalah budak dari sebuah waktu, sebuah jaman yang tak mau tahu kapan bermula dan berakhir.
Meskipun begitu, kita telah belajar banyak dari kenangan. Manis atau pahitsebuah kenangan, ia tetaplah milik kita. Tidak bisa dihapus, tak mampu diulang apalagi dilupakan. Karena itu, jangan pernah membenci sebuah kenangan, janagan pula di perdaya oleh kenangan. Melepaskan kenangan bukanlah akhir dari dunia, tapi awal dari kehidupan yang baru. Kenangan adalah proses belajar hidup, ia bisa menjadi motivasi untuk keberhasilan. Kenangan bisa membuat seseorang belajar memaafkan, belajar memahami, dan belajar melupakan. Biarkan kenangan tetap berdiri di belakang kita, ia mungkin hanya pantas dikenang tapi tidak usah dan tidak bisa diulang. Yang indah itu hanyalah sesaat.. Yang abadi, itulah kenangan. Semua hari itu kenangan. Kemarin, hari ini dan bahkan besok atau lusa. Maka jadikan harimu indah untuk dikenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar